Kamis, 08 Desember 2011

Who Am I??


Saya adalah biasa dipanggil Ogi, kelahiran Surabaya 24 September 1994, adalah seorang mahasiswa ITS jurusan Sistem Informasi. Saya diterima melalui jalur PKM. Saya adalah seorang pemuda yang masih dalam proses dari seorang siswa menjadi seorang mahasiswa. Saya ingin berubah dari seorang siswa yang masih selalu bergantung kepada orang lain, menjadi seorang mahasiswa yang dapat hidup secara mandiri. Saya saat masa kanak-kanak adalah seorang anak yang pemalu, susah untuk bergaul, biasanya hanya akan bergaul jika diajak. Namun hal tersebut sedikit demi sedikit saya rubah dikala saya SMA. Saya sudah mulai bisa berpikir secara cerdas dikala saya SMA, sayapun mulai tertarik untuk mempelajari hal yang saya sukai diluar pelajaran sekolah. Mula-mula, saya tertarik pada bidang seni, namun seni tersebut bukanlah hal seperti melukis menggunakan kuas, cat, dan sebagainya. Saya tertarik untuk menggambar menggunakan pensil, dan saya lebih suka menggambar hal-hal yang berbau anime-manga. Orang tua saya melihat saya memiliki potensi dalam bidang tersebut, sehingga saya diberi kesempatan untuk mengikuti kursus menggambar. Disana saya sedikit demi sedikit mempelajari untuk membuat sketsa dasar terlebih dahulu. Namun saya berhenti di tengah-tengah dikarenakan mulai bosan. Dahulu pada saat masa-masa SMP, saya juga diikutkan kursus piano oleh orang tua saya. Saya mempelajari piano selama beberapa bulan, namun sangat disayangkan saya berhenti juga di tengah-tengah dikarenakan kurangnya minat saya dalam memainkan dan mempelajari piano. Namun hal-hal tersebut mulai berubah.

Saya memang berhenti dalam kursus menggambar, namun bukan berarti saya berhenti menggambar untuk selama-lamanya, saya tetap menggambar selama bertahun-tahun (dari SMP, SMA, hingga sekarang tetap menggambar) kemampuan saya dalam bidang menggambar meningkat, sangat meningkat, karena membandingkan gambar saya dahulu dengan gambar saya sekarang memiliki perbedaan yang sangat jauh. Namun tidak hanya pada hal tersebut (menggambar) saja, pada saat SMA, saya ingin mengikuti kursus musik lagi, namun kali ini saya dapat memilih instrumen musik sesuai dengan keinginan saya. Disana saya memilih instrumen gitar. Pada kursus gitar tersebut, saya dikatakan termasuk murid yang berkembang cukup pesat dibandingkan dengan murid-murid lainnya, dikarenakan saya memang benar-benar menyukai bermain gitar. Ditambah lagi, saya saat kelas 3 SMA, saya mulai tertarik untuk memainkan piano lagi. Sayapun mencoba untuk bermain piano. Saya memulainya dari yang paling mudah, saya memulainya dengan mendengarkan terlebih dahulu, setelahnya baru saya coba untuk memainkannya di piano. Hasilnyapun cukup, bahkan sangat memuaskan, karena saya dapat memainkan lagu dengan lancar, dan bahkan permainan jari saya jauh lebih baik dibandingkan adik saya yang sudah kursus piano selama 4 tahun. Apakah hal yang membedakan saya? Disiplin. Saya menyadari bahwa saya dapat melakukan sesuatu dengan sangat baik apabila saya disiplin. Untuk melatih kedisiplinan saya memulainya dengan sesuatu yang saya sukai. Terus latihan dan tidak takut untuk mencoba. Sayapun tidak menyerah walaupun pertamanya memang saya akui cukup menyakitkan. Diluar hal itu, saya ingin membahas tentang sosialisasi saya. 

Menurut saya sendiri, saya (entah benar atau tidak) memiliki kepribadian yang berbeda, dimana kepribadian tersebut akan berubah tergantung situasi dan kondisi. Sifat-sifat yang saya miliki dapat berubah-ubah tergantung lawan bicara saya. Saya juga akan lebih aktif dalam kondisi yang nyaman dan tidak under pressure. Jika saya diajak bicara secara friendly, saya, secara sendirinya, ingin mengutarakan pendapat saya, malah terkadang saya berbicara terlalu jujur, berbeda jika dalam kondisin under pressure, saya biasanya lebih bersifat memendam. Saya memiliki keinginan untuk menjadi pemimpin, ingin membawa anggota-anggota yang dipimpinnya ke jalan yang baik dan benar, hanya saja saya tidak yakin (tidak percaya diri) akan hal tersebut. Dikarenakan seorang pepimpin memiliki tanggung jawab yang sangatlah berat. Saya ingin menjadi pusat perhatian, ingin membimbing orang ke jalan yang benar, namun saya tidak tahu apakah saya dapat memikul tanggung jawab yang sangat berat. Saya juga orang yang pilih-pilih dalam hal mencari teman, karena saya tidak ingin berteman dengan orang yang memiliki tampang dan/atau sifat yang susah untuk dipercaya, namun jika saya mendapa teman yang baik, saya berusaha untuk menjaga persahabatan tersebut. Sifat-sifat yang saya miliki menurut saya cukup manusiawi, bahkan dapat dikatakan pula ber-ego tinggi. Karena saya berfikiran untuk mendapatkan sesuatu tanpa resiko. Namun saya percaya saya dapat melakukan banyak hal jika saya disiplin dalam sesuatu. Masa mahasiswa akan saya gunakan untuk lebih mengembangkan diri saya. Saya menjadi mahasiswa juga karena ingin menggali diri saya lebih dalam, untuk mengetahui lebih jauh diri saya sendiri.

3 komentar: