Minggu, 13 November 2011

Alangkah Lucunya (Negeri Ini)


Nama dari sebuah film komedi dengan makna yang dalam karya sutradara Dedi Mizwar, menceritakan kisah tentang ketidak adilan yang dialami dalam kehidupan di dunia, terutama di Indonesia kita ini. (Untuk yang belum tahu bisa baca resensinya)

“Pendidikan tidak penting tanpa koneksi!”
“sudah Sarjana tapi susah dapat kerja!”

Hal tersebut dikatakan oleh salah seorang dalam film tersebut. Banyak orang akan setuju dengan pendapat pendidikan yang tidak penting dapat koneksi. Banyak orang yang sudah susah payah belajar, bertahun-tahun belajar, menghabiskan banyak waktu untuk pendidikan, tetapi ujung-ujungnya jadi ‘Pengacara’ (Pengangguran banyak Acara).

Dikarenakan fakta-fakta tersebut, pentingnya pendidikan jadi tergeser. Namun ada hal yang sangat ‘fatal’ dalam komitmen tersebut. Yakni mereka hanya melihat orang-orang yang gagal, mereka tidak melihat orang-orang yang sukses. Lihatlah, orang-orang tidak cukup hanya dengan berpendidikan saja, tetapi mereka harus tahu bagaimana cara menggunakan pendidikan yang telah didapatkannya. 

“Knowledge is Limited. Imagination encircles the world.”

-Albert Einstein

Ada juga hal yang sama pentingnya dengan pendidikan, yaitu kreativitas, imajinasi. Walaupun pendidikan yang dimiliki tidak terlalu tinggi, hal tersebut dapat dibantu dengan menggunakan kreativitas. Kreativitas dan imajinasi akan berkembang lebih jika pengetahuan diperluas, dan kita perlu pendidikan untuk memperluasnya.
Lalu bagaimana dengan mereka yang lahir miskin?

“If you born poor, it’s not your mistake. But if you die poor, it’s your mistake.”

-Bill Gates

Bill Gates mengatakan hal tersebut, yang berarti “jika anda lahir miskin bukanlah salah anda. Namun jika anda meninggal dalam keadaan miskin, itu adalah kesalahan anda”. Bill Gates sendiri membuktikan sukses bukanlah masalah harta, melainkan pantang menyerah, dan juga tahu bagaimana menggunakan pendidikan yang dimiliki olehnya. Walaupun faktanya Bill Gates Drop Out dari kuliah, namun dia tetap pantang menyerah. Bill Gates tetap berusaha, hingga beliau dapat sukses seperti sekarang.

Intinya, hal yang anda perlukan untuk mencapai kesuksesan adalah:
  • Pantang Menyerah
  • Raih Pendidikan Setinggi-tingginya
  • Tingkatkan Imajinasi/Kreativitas
  • Gabungkan Kreativitas dengan Pendidikan, Gunakanlah dengan baik dan benar
  • Jadilah Orang yang Sukses!

Namun ada satu hal yang pengaruhnya akan berdampak sangat besar dalam kesuksesan kita, yakni Ibadah kita. Kita sebagai mahluk Allah perlu beribadah. Hal tersebut akan membantu kita untuk sukses dalam jalan yang benar. Karena, jika kita sukses dengan harta haram, kita pasti akan bangkrut, akan jatuh, dan akan sangat sulit untuk kembali sukses. Ibadah kita juga akan membantu lamanya kesuksesan kita. Maka dari itu, jika kita telah sukses, janganlah lupa untuk tetap beribadah.

Sekian pandangan saya terhadap pendidikan. Maaf jika saya salah menuturkan hal tersebut.

Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar